Memperbaiki AC (dan gagal..)

AC (Air Conditioner) bocor adalah sebuah masalah. Kejadian tersebut menimpa ruanganku dan sudah berlangsung lama. Pernah mengajukan permintaan supaya AC tersebut diperbaiki. Akan tetapi belum juga terealisasi. Jadinya sampai sekarang, wajib tersedia ember dan lap untuk mengatasi kebocoran tersebut. Ember berguna buat menampung kucuran air dari AC, sedangkan lap untuk membersihkan tumpahan air di lantai. Repotnya, kucuran air begitu banyak sehingga tiap sore harus angkat-angkat ember untuk mengosongkannya.

Bagi ruanganku, AC merupakan elemen vital. Kegunaan AC tersebut membuat kinerja komputer yang bekerja keras siang malam tak henti menjadi lebih optimal. Selain itu, juga berguna mencegah kerusakan hardware karena kepanasan. Setelah kesabaranku habis sudah, akhirnya aku memutuskan untuk mencari tahu apa penyebab AC bocor tersebut. Langkah pertama tentunya adalah dengan mencari informasi dengan mesin pencari. Untung lumayan banyak referensi mengenai kerusakan AC.

Menurut website ini, terjadinya kebocoran AC dikarenakan penyumbatan oleh debu sehingga terjadi icing pada AC. Memang ruanganku banyak sekali debunya. Entah darimana asalnya, padahal jendela selalu tertutup rapat. Mengikuti petunjuk dari website tersebut, perlu dilakukan pembersihan. Akhirnya, dengan tekad bulat aku mencoba untuk membersihkan AC.

Pertama, susun meja dan kursi, kemudian dipanjat untuk dapat mencapai AC. Matikan AC. Buka penutup AC, clingak-clinguk penuh selidik melihat susunan perangkat, dan ternyata betul penyaring udara penuh dengan debu. Kucopot penyaring udara dan kemudian aku bersihkan dengan air dan ditunggu sampai kering. Setelah kering, aku pasang lagi. Dan sambil harap-harap cemas semoga kebocoran tidak terjadi lagi.

Kemudian AC dinyalakan, masih ada tetesan, barangkali sisa-sisa masih ada, begitulah dugaanku. Sehari kemudian, AC tetap bocor. Yah.. usahaku sia-sia. Tetap tidak berhasil untuk memperbaiki AC. Ternyata tetap saja tidak bisa untuk menjadi admin (harus) serba bisa. Barangkali memang sudah saatnya AC untuk diganti. Perlu juga ditambah exhaust fan supaya debu-debu bisa berkurang jumlahnya.

About these ads
Dengan kaitkata ,

9 thoughts on “Memperbaiki AC (dan gagal..)

  1. ac2sofyan mengatakan:

    setelah membaca tulisan anda,ada sedikit saran dari saya…,pada saat anda mebuka cassing indoor nya,anda bisa mencoba dengan membuka selang pembuangan,setelah itu anda di anjurkan untuk membersih kanya dengan cara..semprot dengan air yang bertekanan tinggi,seperti pakai mesin steem ac,kalau tidak ada anda bisa menggunakan slang. Dan pada saat pemasangan kembali indor di usahakan peletakannya pada diding agak miring kira2 1cm ke arah pembuangan.

  2. Heru mengatakan:

    Yang dimaksud anda “bocor” adalah menetesnya air embun ac ke dalam ruangan. Pengertian ac bocor bisa juga bocornya freon shg harus sering diisi ulang. Untuk masalahnya air embun, coba periksa saluran pembuangan air embun, biasanya ada selang ukuran 5/8 inchi untuk saluran air, mungkin selang ini tersumbat. Bisa juga kemiringan rumah a/c berubah sehingga air tidak mengalir ke saluran pembuangan air, malah melimpah ke dalam ruangan.

  3. sandy mengatakan:

    kalau anda ada masalah dengan AC. Hubungi Sy sebagai teknisi AC yang berpengalaman. Di 021-6332750. Dijamain beres. tanpa basabasi.

  4. tri mengatakan:

    aku mau belajar ac mas gmn caranya

  5. ardianta mengatakan:

    sy awam mengenai ac&kulkas tp sy ingin tau tips2 klo terjadi masalah seperti AC tiba2 mati total,timer di remote ac tetap on padahal sdh di off…..trims

  6. blue mengatakan:

    coba anda cek selang pmbuangan air,pnampungan air indoor bgian atas dan bawah,dan pipa”freon mngkin ad yg bocor

  7. irsyad mengatakan:

    mungkin itu tidak bocor mas, karna tuh memang hasil pembuangan kalor kalo anda membersihkan kondensornya itu gk masalah malahan bagus, tapi iti bukan bocornya, dan itu hasil dari kerja sistem.

  8. irsyad mengatakan:

    untuk mas ardianta itu mungkin AC anda tersumbat sistemnya, bisa juga tegangannya yang kurang, atau bisa juga thermo controlnya!!

  9. free sex mengatakan:

    You can caress her or let her take the lead through
    the foreplay. I have never seen a prosperous relationship under
    those circumstances. Serious moral issues pervade the porn industry, like the exploitation of vulnerable females
    and the enticement of young people’mostly men, but an increasing number of women’into an
    unhealthy sex-life that can obstruct normal sexual development’and a marriage.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: