Backup file yang hilang akibat kena virus lokal

Salah satu kenangan mengenai tahun 2006 adalah banyaknya kemunculan berbagai virus lokal. Mulai dari brontok yang fenomenal sampai yang mengatasnamakan pembela keadilan. Saya enggan berkomentar motivasi, tujuan, trus benar salah dari si pembuat virus. Akan tetapi, menurut saya, pembuat virus adalah orang yang cerdik karena memanfaatkan social engineering.

Resiko USB Flashdisk yang menjadi barang umum (karena dipake seluruh penghuni kos) adalah terkena virus. Termasuk juga USB Flashdisk kepunyaan saya. Terkena virus, belum sempat backup data, dan hasilnya folder hilang berganti dengan file application yang menyerupai folder seperti berikut:

Virus

Hmm.. panik, lalu?!? saya mencoba command prompt (klik run pada windows lalu ketik cmd lalu enter) untuk melihat apakah folder saya bener-bener hilang.

Pindah ke drive-nya flashdisk:

C:\Documents and Settings\igun> e:

Cek File yang hilang:

E:\> dir /a

Untunglah masih ada. Berarti pembuat virus masih berbaik hati. Folder saya yang hilang, ternyata disembunyikan menjadi sebuah folder yang bertipe hidden dan system file.

Untuk merubah folder yang berganti tipe tersebut, digunakan perintah attrib. Perintah attrib tersebut berguna untuk menampilkan atau merubah attribut file. Perintah yang saya gunakan adalah:

E:\> attrib -S -H /S /D *

-S : Untuk menghilangkan atribut tipe sistem file
-H : Untuk menghilangkan atribut tipe hidden file
/S : Untuk memproses seluruh folder dan sub-folder
/D : Memproses folder
* : Semua file/folder yang terdapat di USB Flashdisk saya.

Attrib

Setelah itu, jangan lupa untuk membersihkan semua file application virus yang berekstensi .exe. Caranya dengan search menggunakan keyword .exe, lalu delete semua file tersebut (kecuali kalo di dalam flashdisk terdapat juga file ‘benar’ berekstensi .exe). Setelah dihapus, USB Flashdisk kembali bersih seperti semula..

Dengan kaitkata , , , , ,

20 thoughts on “Backup file yang hilang akibat kena virus lokal

  1. adit-bram mengatakan:

    walah gun…pantesan siang ga ikut ngarak wisudawan…subuh nye mosting dulu toh..nice tips gun…manfaat banget.

  2. lucky mengatakan:

    kemaren tony nanyain tuh…udah baca dia belon poting ini ya?

  3. Heri Heryadi mengatakan:

    Bener! Di kampus saya juga beredar banyak virus lokal kayak Pendekar Blank, Hacked by Zay, Hacked by Godzilla, dari yg pake vb sampe vb script. Ngeselin bgt karena ga ada anti virusnya. Apalagi bwt org yg ga tau menahu soal jeroan windows. Btw, gw pake Kaspersky aman2 aja dari virus. Alhamdulillah semoga untuk selamanya aman.

  4. […] Backup file yang hilang akibat kena virus lokal […]

  5. igun mengatakan:

    Kasperky bagus..
    Cuman sayangnya firewallnya freak om..
    Jadinya males..

    Saya sih, tetep setia sama avg free.
    he..he..he.. ipv6 tetep jalan juga..

  6. Adji mengatakan:

    setelah saya bersihkan dengan avira dan sudah menampilkan lagi foldernya ternyata setelah mencoba menghidden status folder lagi,folder akan hilang tetapi saya mencoba menampilkan lagi dengan folder option-show hidden file&folder,folder tsb tetap ter-hidden dan tidak bisa muncul lagi padahal virusnya udah hilang,bagaimana ini?tolong……….

  7. cimz mengatakan:

    hehe..thx infonya..data saya kembali seperti semula..senangnya..
    ^__^

  8. Tegar mengatakan:

    terimakasih sekali…akhirnya saya mendapat nilai tambah dari guru saya, sekali lagi terimaksih sangat….Tuhan memberkati…

  9. mr_mbank mengatakan:

    thank banget ya.
    gue ampe pusing ngilangin virus ama folder yg hidden.
    setelah baja art km jd tuntas semua. deh…….
    ok lam succes w u………

  10. igun mengatakan:

    @all –> Sama..sama.. sukses buatmu juga..

    @Adji –> udah coba pake command prompt?

  11. teguh mengatakan:

    folderku di windows server 2003 tiba2 kok hilang, kmaren saya d serang virus pitinvb yang menghilangkan yang merubah attribut folder jadi hidden. klo d windows xp q pake -r -h -s D:\*.* /s /d bisa. tapi klo d server kok g bisa.
    ada pesan
    acces denied system information..

    tolong bantuannya donk temen2 semua
    thx

  12. fajar mengatakan:

    dipake di drive hd ga’ bisa
    gimana nih

  13. titok.p mengatakan:

    mau cari artikel mengenai backup file

  14. Ae_udin mengatakan:

    wah bener-bener membantu
    tu tadi perintah buat nampilin file yang di hidden ya…
    trus klo fungsi show hidden file & foldernya masih g bisa gimana….

    ada yang tau???

  15. […] Lagi males ngetik soal ini , dikarenakan kemaren ada yang nanya akhirnya diposting namun nyolong dari blognya om igun […]

  16. jeery mengatakan:

    tengkyu berat bung igun

  17. david mengatakan:

    makasi boss..

  18. lucky mengatakan:

    ini 2009 akhir n gw masih ngalamin hal yang sama, n postingan ini masih berguna!!! thanks a lot gun!

  19. Van Wibowo mengatakan:

    makasih mas … ga jadi panic …. file presentasi balik lg dah

  20. Nugie :) (@nug1e) mengatakan:

    makasih juga sudah boleh membaca postingan ini😀

    cuman kalau yang ke-hidden usb nya gimana? lupa nyimpen dimana😦

Tinggalkan Balasan

