Memindahkan file menggunakan Remote Desktop

Susahnya jadi manusia yang tidak punya komputer tetap adalah tersebarnya file di banyak kompie. Pindah file sana, pindah file sini menggunakan flash disk sungguh mengesalkan. Jika komputer yang tersebar terhubung dengan jaringan komputer (baik intranet atau internet), berterimakasihlah kepada “remote desktop”.

Bagaimana caranya? Berikut ini langkah yang harus dilakukan pada komputer dengan OS Windows XP. Pertama, buka aplikasi remote desktop. Buka Start > All Programs > Accessories > Communication > Remote Desktop Communication. Remote desktop juga bisa diakses menggunakan Start > Run > Ketik “mstsc” lalu tekan Run.

remote desktop

Kedua, klik Options sehingga muncul menu tambahan pada jendela remote desktop. Klik pada tab “Local Resources“.

remote desktop

Cek pada local devices > disk drives untuk memunculkan disk drive komputer kita ke komputer remote desktop. Lalu tekan Connect. Hasilnya adalah sebagai berikut:

remote desktop

Memindahkan file antar komputer jadi terasa lebih mudah. 🙂 Selamat Mencoba..

Dengan kaitkata , , , ,

8 thoughts on “Memindahkan file menggunakan Remote Desktop

  1. andi berkata:

    Mas saya sudah masuk ke Remote desktop conection tapi begitu buka langsung minta pasport, setelah aku masukin pasport kok nggak mau, muncul dialog pasport salah, cara untuk ngilangin dialog pasport itu gimana mas, karna komputerku nggak mau aku masukin pasport yang biasa aku gunakan di komputer ini, mohon penjelasannya yang lain donk, mas?agar aku bsa nyoba2 macam itu.

  2. dewa berkata:

    mas sudah saya coba kok ndak pernah bisa padahal sudah sesuai dengan petunjuk dari pihak mas sendiri…..

  3. baladewa berkata:

    mas saya dach coba, saya mengalami masalah yang sama seperti mas andi terus gimana y… caranya????

  4. igun berkata:

    Kemungkinannya yak,
    1. Komputer yang akan di remote udah di enable buat koneksi remote desktop belum? Kalo belum, masuk dulu ke komputer yang akan di remote (tentunya dengan user admin). Control panel >> system >> remote. Di enable terlebih dulu remote desktopnya.
    2. Firewall komputer yang akan di remote sudah di allow untuk koneksi remote desktop belum? Cek terlebih dahulu firewallnya.

    Hope helps.
    Bila kurang jelas, bisa japri. Jangan lupa sertakan skrinsut biar saya lebih jelas.

  5. hery berkata:

    mas, seberapa sering kita bisa menggunakan remote desktop, ke komputer yang kita tuju.setelah kita men-disconnecnya. saya coba satu kali bisa. setelah itu muncul tulisan. “the remote connection has timed out. Please try connection ……..

  6. Maxno berkata:

    bos.. aku mencoba pake remote destop tapi kok gak bisa ya? caranya gmn ik?

  7. iTa berkata:

    Reblogged this on diduniakata.

  8. Mas, saya sudah bisa melakukan cara ini pada server dengan IP 50.50.50.2 , hasilnya berhasil. Tapi ketika saya melakukan pada server IP 70.100.100.10 kenapa tidak bisa ya mas. Jadi directory lokal saya tidak bisa muncul di remote dekstop. Mohon bantuannya ya. Terimakasih sebelumnya.

Tinggalkan komentar